Inventarisasi Tanaman Mahapala D3 FEB UNEJ (Pohon Damar)

 

Inventarisasi Tanaman Mahapala D3 FEB UNEJ

 Damar

Agathis dammara


Agathis dammara (Lamb.) Rich. atau yang dikenal dengan pohon damar adalah pohon anggota tumbuhan runjung dan merupakan flora asli Indonesia. Pohon ini tersebar di daerah hutan Jawa, Maluku, Sulawesi, hingga Palalawan dan Samar di Filipina. Tumbuhan ini banyak dibudidayakan untuk diambil getahnya kemudian diolah menjadi kopal.

Kopal adalah hasil olahan getah atau resin yang disadap dari batang pohon damar. Kopal merupakan bahan dasar untuk membuat cairan pelapis kertas agar tinta pena tidak menyebar. Selain itu, pemanfaatannya juga digunakan untuk penambal gigi dan plester, serta campuran lak dan vernis.

Ciri morfologi

Pohon damar dapat tumbuh mencapai ketinggian 65 meter dengan batang bulat silindris dan diameter mencapai lebih dari 1,5 meter. Pepagan damar berwarna keabu-abuan sedikit kemerahan dan mengelupas dalam keping kecil.

Daunnya berbentuk jorong, berukuran 6-8 cm x 2-3 cm meruncing ke arah ujung yang membundar. Runjung serbuk sari masak berukuran 4-6 cm x 1,2-1,4 cm. Sedangkan runjung biji masak berbentuk bulat telur berukuran 9-10,5 cm x 7,5-9,5 cm.

Guna

Resin dari damar atau yang disebut kopal dapat berguna untuk berbagai keperluan. Resin damar dihasilkan dari kulit atau pepagan yang terluka, baik secara sengaja maupun tidak. Saat ini, damar banyak digunakan untuk produksi kosmetik, tekstil, cat, tinta, kaca, korek api, dupa, dan sebagainya.

 

Getah yang keluar dari pohon damar akan membeku bila berinteraksi dengan udara. Selanjutnya, getah yang mengeras tersebut dapat dipanen atau dikumpulkan sebagai kopal sadapan. Getah damar yang diperoleh dan keluar karena luka-luka alami dari atas atau bawah tanah dinamakan kopal galian.

Dahulu, kopal hanya dihasilkan dari pohon-pohon damar alam yang tumbuh di hutan Maluku dan Sulawesi. Akan tetapi, saat ini hutan-hutan Perhutani juga telah menghasilkan produksi getah damar.

Kayu damar berwarna keputih-putihan dan bukan termasuk kayu yang dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang. Sebab, kayunya bersifat tidak awet dan tidak kuat. Di Bogor dan Sulawesi, umumnya kayu damar dimanfaatkan untuk papan dibawah atap rumah, karena pada posisi ini kekuatan kayu tidak begitu diperlukan.

Pohon damar juga dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan peneduh atau naungan taman dan tepi jalan. Di dunia perdagangan kayu, kayu dapar dikenal dengan nama kayu agatis.

 

Terdapat 3 pohon damar yang terinventarisasi di lingkungan fakultas ekonomi dan bisnis universitas jember.

Damar

No

Nama pohon

Nama latin

Titik koordinat

Zonasi

Nomor inventaris

1

Damar

Agathis dammara

LS 8º10´4”

FEB VII

PL/MHPL.2023/FEBVII/Dm1

BT 113º42´56”

2

Damar

Agathis dammara

LS 8º10´4”

FEB VII

PL/MHPL.2023/FEBVII/Dm2

BT 113º42´56”

3

Damar

Agathis dammara

LS 8º10´4”

FEB VIII

PL/MHPL.2023/FEBVIII/Dm3

BT 113º42´56”