Inventarisasi Tanaman Mahapala D3 FEB UNEJ (Pohon Mangga)

 

Inventarisasi Tanaman Mahapala D3 FEB UNEJ

Mangga

Mangifera indicia

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam genus Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dari famili Anacardiaceae. Nama "mangga" berasal dari bahasa Tamil, mankay, yang berarti man "pohon mangga" + kay "buah".Dalam bahasa Inggris, mangga disebut dengan mango. Kata ‘mango’ sendiri berasal dari bahasa Tamil, yaitu ‘manga’. Kata inilah yang kemudian diserap ke dalam bahasa-bahasa Eropa di abad ke 15 dan 16. Akhirnya penyebutan mango menjadi istilah paling umum yang digunakan. Di berbagai negara, sebutan untuk buah ini memiliki kemiripan dengan kata aslinya, misalnya manga dalam bahasa Portugis.

Ciri morfologi

Pohon mangga memili ciri dan karakteristik yang khas, meliputi batang, daun, bentuk buah dan sebagainya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penampakan morfologi dan ciri-ciri pohon mangga, yaitu:

 A. Akar Pohon mangga memiliki jenis akar tunggang dengan panjang bisa mencapai 6 meter. Akar pada pohon mangga memiliki fungsi untuk mencari air serta nutrisi bagi tanaman mangga serta menjaga agar tetap berdiri kokoh.

 B. Batang Pohon mangga termasuk kelompok pohon besar, tingginya mencapai 35 meter sampai 40 meter. Namun pada kultivar atau varietas tertentu ada pohon mangga yang sengaja dikembangan agar tumbuh pendek dan berbuah banyak. Batang dari pohon ini mempunyai kulit yang tebal dan kasar dengan warna coklat gelap serta bentuk batang yang bulat dengan percabangan dan ranting yang banyak. Pada cabang serta ranting akan menumbuhkan daun-daun yang lebat berbentuk kanopi, seperti oval, kubah, dan memanjang.

 C. Daun Mangga termasuk tanaman evergreen sehingga daunnya tetap hijau sepanjang tahun. Memiliki daun dengan ukuran panjang 15 cm hingga 35 cm, serta lebar 6 cm sampai 16 cm. Daun dari tanaman mangga menjadi salah satu daun yang tunggal dan tidak memiliki penumpu dan anakan. Saat masih muda, daunnya berwarna jingga dengan semburat merah muda, kemudian dengan cepat berubah menjadi warna merah gelap yang berkilau, kemudian menjadi warna hijau tua saat dewasa. Pohon mangga merupakan tanaman yang memiliki daun tidak lengkap, hal ini karena adanya petiolus atau tangkai dan lamina atau helaian daun saja. Bentuk daun padapohon mangga sendiri bervariasi. Daun beberapa spesies mangga berbentuk lonjong, mata tombak serta segi empat pada ujung daun yang meruncing.

D. Bunga Pohon mangga menghasilkan bunga yang tumbuh di cabang-cabang pohonnya. Ukuran bunganya kecil, sekitar 5 mm sampai 10 mm. Bunga mangga berwarna putih dan beraroma lembut. Mangga memiliki 5 buah kelopak bunga. Bunganya merupakan hermafrodit atau memiliki bunga jantan dan betina pada satu bunga.

 E. Buah Mangga Pada umumnya, buah mangga matang di saat musim panas atau kemarau. Buah mangga butuh waktu sekitar 5 bulan dari masa berbunga hingga tumbuh menjadi buah yang matang. Buah mangga sangat bervariasi dalam hal ukuran, warna, bentuk, tingkat kemanisan, dan kualitas untuk dikonsumsi. Kondisi tersebut bergantung dari kultivar yang ditanam. Warna kulit buah mangga adalah hijau, oranye, kuning, dan merah. Di Indonesia, buah mangga yang banyak dijual di pasaran adalah mangga berkulit hijau. Bentuk buah mangga umumnya agak lonjong, menyerupai bentuk ginjal atau kacang. Namun, sebagian spesies juga yang berbentuk bulat. Ukurannya bervariasi, antara 5 cm sampai 25 cm dengan berat sekitar 140 gram hingga 2 kg per buahnya. Kulit buah mangga lembut, halus dan harum. Jika telah benar-benar matang, kulit mangga mengeluarkan aroma yang khas dan semakin harum.

F. Biji Di dalam daging buah mangga terdapat 1 biji besar, ukurannya sekitar 4 cm sampai 7 cm. Biji tersebut berguna sebagai bibit tanaman mangga. Untuk hasil penanaman terbaik, sebaiknya gunakan biji mangga yang diperoleh dari buah mangga yang telah matang.

Guna

Berikut ini penjelasan manfaat-manfaat buah mangga, diantaranya yaitu: Manfaat Mangga untuk Kesehatan Buah mangga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kita. Beberapa manfaat mangga untuk kesehatan diantaranya yaitu:

1.Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Manfaat mangga yang pertama adalah menjaga kesehatan dari kesehatan rambut dan kulit kita. Dalam sebuah penelitian pada hewan, kekurangan vitamin A memiliki resiko kerontokan rambut yang cukup parah. Kondisi semacam ini terjadi karena vitamin A penting menjaga kesehatan epitel pada kulit dan rambut agar keduanya tetap lembab dan sehat. Selain mengandung vitamin A, buah mangga juga memiliki kandungan 75% kandungan vitamin C harian untuk tubuh. Kombinasi dari vitamin A dan C diperlukan untuk tubuh menghasilkan kolagen. Kolagen berfungsi menjaga elastisitas kulit untuk mencegah keriput dan kulit kendur sebelum waktunya.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Makan makanan manis sering menjadi penyebab utama gula darah naik. Namun, berbeda dengan efek yang dihasilkan oleh buah mangga. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Oklahoma State University, menunjukkan bahwa manfaat mangga adalah menurunkan kadar gula darah setelah mengonsumsi mangga secara rutin dalam waktu tertentu. Penurunan kadar gula darah ini diduga menjadi efek dari senyawa antioksidan khusus dalam buah mangga.

 3. Mangga Bermanfaat untuk Kesehatan Mata Kandungan Lutein dan Zeaxanthin adalah kandungan antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam buah mangga. Keduanya dilaporkan bisa melindungi fungsi retina dan lensa mata. Fungsi retina dan lensa mata yang berjalan baik dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, serta mengurangi efek silau mata yang tidak nyaman, serta mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih sehabis melihat cahaya terang. Manfaat mangga untuk menjaga kesehatan mata bisa dirasakan apabila sahabat alam mengonsumsi secara rutin. Zat lutein dan zeaxanthin bekerja melindungi mata dari sinar ultraviolet berbahaya serta memperlambat perkembangan katarak serta bahaya degenerasi makula.

 4. Meredakan Sembelit Dalam sebuah penelitian terhadap orang yang mengalami sembelit kronis, ternyata memakan buah mangga lebih membantu mengatasi sembelit daripada memakan makanan berserat seperti gandum. Manfaat mangga ini bahkan sampai digunakan oleh beberapa orang dalam program diet terutama mereka yang menghindari makanan yang dapat memicu gas dan kembung pada orang dengan penyakit IBS.

 5. Membantu Mengurangi Risiko Sakit Jantung Kandungan serat, kalium dan vitamin pada buah mangga sudah lama diketahui dapat menyangkal penyakit atau masalah jantung. Hal ini karena kenaikan pada asupan kalium sebanding dengan penurunan zat sodium dalam tubuh kita. Dengan mengonsumsi cukup asupan buah manis dalam sehari, kita bisa mendapatkan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

 6. Menurunkan Berat Badan Manfaat mangga yang satu ini akan sangat berguna bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan. Sebab apabila dimakan dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, mangga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Manfaat ini disebabkan oleh kulit dari buah mangga yang mengandung zat fito kimia yang memiliki fungsi sebagai penghilang lemak alami. Daging dari buah mangga mengandung banyak serat yang bisa memunculkan rasa kenyang lebih lama. Itulah beberapa manfaat mangga bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat Mangga untuk Kuliner dan Masakan Rasa buah mangga pada umumnya memiliki rasa manis, meski variasi rasa dan teksturnya berbeda-beda tergantung dari spesies dan kultivarnya. Misalnya kultivar Alphonso, mangga ini bertekstur lembut dan berair. Sedangkan kultivar Tommy Atkins teksturnya lebih keras, seperti buah alpukat dengan daging buah lebih berserat. Kulit dari buah mangga dapat diolah dengan cara dimasak atau dibuat menjadi acar, sehingga bisa dimakan. Tetapi kita harus berhati-hati, karena terkadang beberapa orang akan mengalami resistensi dan menimbulkan gatal pada kulit bibir atau lidah. Selain kita dapat membuat acar dari kulit mangga.

Terdapat 1 pohon mangga yang terinventarisasi di fakultas ekonomi dan bisnis universitas jember.

Matoa

No

Nama pohon

Nama latin

Titik koordinat

Zonasi

nomor inventaris

1

mangga

mangifera indicia

LS 8º10´5”

FEB IX

PL/MHPL.2023/FEBIX/Mga

BT 113º42´56”