Inventarisasi Tanaman Mahapala D3 FEB UNEJ (Pohon pelangi)

 

Inventarisasi Tanaman Mahapala D3 FEB UNEJ

 Pelangi

Eucalyptus deglupta

 


Pohon pelangi merupakan keluarga Myrtaceae dan tergolong tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Tanaman unik ini dapat tumbuh hingga setinggi 75 meter dan cabang tumbuh pada ketinggian 25 meter. Pohon yang batangnya ada pelangi ini namanya Eucalyptus deglupta atau Rainbow Gum. Pohon pelangi ini adalah satu-satunya pohon dari spesies Eucalyptus yang memiliki sebaran yang paling luas di bagian Bumi Utara. Walaupun tidak menghasilkan kelenjar minyak aromatik yang banyak seperti pohon Eucalyptus lainnya, pohon ini tetap memiliki banyak manfaat lain bagi manusia.

Ciri morfologi

1.      Permukaan kayu bertekstur licin dan seratnya berbentuk seperti papan catur. 

2.      Daun muda dan dewasa berbeda sifat, saat dewasa, daun pohon ini berseling dan kadang saling berhadapan. Daun dewasa juga memiliki tulang tengah yang tegas dan tulang sekunder yang menyirip, ketebalan daun dewasa lebih tebal dibanding daun muda, dan bila daun dewasa diremas akan menimbulkan aroma wangi. 

3.      Bunga muda yang belum mekar dan masih kecil berbentuk bulat berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi hijau pucat atau krem saat membesar. Saat mekar, bunga berwarna putih atau putih kekuningan.

4.      Buah dari pohon ini berbentuk setengah bulat dan saat matang berwarna cokelat hingga cokelat tua, mengandung 3-12 biji per katup yang berbentuk pipih berwarna cokelat.

Guna

1.      Sebagai bahan membuat kertas karena kayunya yang menghasilkan bulir sulfat yang kuat dan tahan diputihkan hingga sangat terang. Kertas yang dihasilkan dari kayu Pohon ini memiliki ketahanan yang kuat.

2.      Pohon yang berusia diatas 15 tahun dapat dijadikan bahan kayu bakar dan arang, namun belakangan ini hanya digunakan untuk bahan arang karena terlalu berharga untuk dijadikan kayu bakar.

3.      Kayunya juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan papan partikel, furnitur, lantai, perahu dan kayu pelapis.

4.      Sebagai tumbuhan reboisasi dan pohon hias.

Terdapat 1 pohon pelangi yang terinventarisasi di lingkungan fakultas ekonomi dan bisnis universitas jember.

Pelangi

no

nama pohon

nama latin

titik koordinat

zonasi

nomor inventaris

1

pelangi

Eucalyptus deglupta

LS 8º10´5”

FEB IX

PL/MHPL.2023/FEBIX/Jb

BT 113º42´56”